Selasa, 29 Maret 2011

Sosialisasi Lingkungan Hidup Usia Dini

http://3.bp.blogspot.com/_kUN_ZFAVdU0/ShENFsW9z8I/AAAAAAAAAT4/DwZWRAuPlN8/s320/education.jpg
Menteri Negara Lingkungan Hidup, Rahmat Witoelar, dalam sambutan tertulis peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2008, mengingatkan kita bahwa pencemaran dan perusakan lingkungan yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia akhir-akhir ini telah menyebabkan bencana lingkungan, seperti banjir,
tanah longsor, kekeringan, dll. Oleh sebab itu upaya penyelamatan lingkungan sudah mendesak untuk dilakukan dan dibutuhkan perubahan perilaku seluruh komponen masyarakat dan dunia usaha yang lebih ramah lingkungan.


Tema hari lingkungan hidup sedunia yang diangkat oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup di Indonesia adalah “Ubah Perilaku dan Cegah Pencemaran Lingkungan”. Dalam rangka mengimplementasikan tema tersebut maka upaya perubahan perilaku harus didorong sedini mungkin.
Oleh sebab itu, pemberian wawasan mengenai lingkungan hidup kepada generasi penerus sejak usia dini sangat penting artinya dalam membentuk perilaku masyarakat yang mencintai dan menjaga lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah dengan melakukan sosialisasi lingkungan hidup ke berbagai sekolah yang merupakan lembaga pendidik kader generasi penerus bangsa.

Sosialisasi LH Usia Dini

Bapedalda Propinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan Bapedalda dan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung telah menyelenggarakan sosialisasi lingkungan hidup bagi anak usia dini. Kegiatan tersebut dilaksanakan bagi siswa-siswi tingkat taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar di seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Propinsi Kep. Bangka Belitung. Lokasi sekolah tempat penyelenggaraan sosialisasi untuk Kabupaten Belitung adalah TK Asoka dan SD Negeri 21 Tanjungpandan.

Pada hari pertama (Selasa, 3 Juni 2008), kegiatan sosialisasi digelar di TK. Asoka dengan jumlah siswa-siswi ± 50 orang beserta para guru. Pemutaran film kartun bertema lingkungan hidup mengawali acara, dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Paryanta, S.Pd mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Zuni Fauziah, MT mewakili Kepala Bapedalda. Materi sosialisasi yang bertemakan lingkungan kita, air, tanah, dan udara disampaikan dengan sangat komunikatif oleh Ibu Erin, fasilitator dari Bapedalda Propinsi.
Antusiasme para siswa terlihat jelas karena penyampaian materi yang dikemas menarik dan pola penyampaian narasumber yang interaktif dan sangat komunikatif dengan audiensnya. Terlebih dengan adanya pemberian berbagai hadiah menarik bagi anak-anak yang berani memberikan jawaban atas pertanyaan narasumber menambah kehebohan ruangan kelas tempat sosialisasi berlangsung.

Selain itu, para siswa juga diajak untuk lebih mencintai lingkungan dengan diajak untuk bermain oleh fasilitator dalam permainan “menanam tanaman hias dalam pot”. Masing-masing siswa mendapatkan 1 buah pot yang ditempeli stiker bertuliskan nama siswa sehingga masing-masing siswa dituntun untuk ikut bertanggungjawab atas
Pada hari kedua (Rabu, 4 Juni 2008), kegiatan yang sama dilakukan di SD Negeri 21 Tanjungpandan. Acara diikuti oleh ± 60 orang siswa-siswi kelas I & II, beserta para guru yang ikut mendampingi. Seperti hari pertama, kegiatan pada hari kedua ini diawali dengan pemutaran film kartun bertema lingkungan tentang banjir dan si acil, dilanjutkan sambutan oleh Paryanta, S.Pd (Dindik) dan Mardi Smolik, M.Si (Bapedalda).

Sangat disayangkan sekali acara sosialisasi hari kedua ini terganggu dengan pemadaman aliran listrik bergilir yang terjadi di SDN 21 Tanjungpandan, sehingga materi interaktif yang telah disusun tidak dapat ditayangkan kepada audiens. Akan tetapi kepiawaian Fasilitator Bapedalda Propinsi, Ibu Erin, mampu memikat hati para siswa untuk tetap fokus pada materi dan berbagi pengetahuan dan pengalaman sehari-hari mengenai lingkungan hidup sekitar.
Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti kata-demi kata yang terlontar dari pita suara fasilitator kita, terlebih dengan adanya hadiah bagi siswa yang berani menjawab pertanyaan maupun memberikan tanggapannya tentang lingkungan. Penyampaian materi yang menarik, komunikatif, dan permainan menanam tanaman yang interaktif mampu melenakan para siswa sehingga tidak terasa waktu 2 jam begitu cepat berlalu.

Tidak terasa waktu telah menunjukkan pukul 12.00 WIB dan materi sosialisasi telah disampaikan seluruhnya, dan sekarang saatnya bagi tim fasilitator dari Bapedalda Propinsi dan pendamping dari Kabupaten Belitung undur diri. Sebelum tim sosialisasi berpamitan, Ibu Erin mewakili Tim Propinsi menyerahkan materi dan bahan ajar lingkungan hidup bagi anak-anak dan dana stimulan bagi perawatan tanaman hias kepada Kepala SDN 21 Tanjungpandan. Seraya berpamitan, Ibu Erin juga berharap bahwa program ini dapat didukung dan dilanjutkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung melalui program-program pemerintah daerah. Dan tidak lupa pula, Ibu Erin dan rekan-rekannya membagikan kenang-kenangan berupa alat tulis bagi seluruh siswa yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi.


sumber :http://duniasosialku.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar